PROPOSAL TIK

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

 

A.      Latar Belakang

 

Ditinjau dari segi mutu, pendidikan di SMP Negeri 1 Kesesi termasuk baik. Perolehan NEM dari tahun ke tahun mencapai rata-rata di atas 6.50. Bahkan tahun pelajaran 2008/2009 mencapai rata-rata di atas 7.00. Hal ini tidak terlepas dari do’a dan perjuangan dari semua warga sekolah mulai dari Kepala Sekolah, guru, karyawan, siswa dan orang tua serta warga mayarakat yanh peduli terhadap pendidikan di SMP Negeri 1 Kesesi. Pada tahun pelajaran 2009/2010 ini, SMP Negeri 1 Kesesi telah memasuki tahun ke-2 sebagai Standar Nasional ( SSN ) di Kabupaten Pekalongan. Tantangan Peningkatan mutu sekolah jelas semakin meningkat seiring dengan keberhasilan tercapainya sekolah pada era Sekolah Standar Nasional.

Di antara yang menunjang keberhasilan pendidikan di SMP Negeri 1 Kesesi adalah sumber daya guru yang mayoritas berkualifikasi pendidikan sarjana (S1), dan penerapan manajemen partisipatif dan keterbukaan sebagaimana yang diamanatkan dalam MBS.

Kondisi yang demikian bukan berarti tanpa kendala, mengingat masih belum tercukupinya sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan belajar mengajar, diantaranya keterbatasan peralatan TIK.

Pembelajaran berbasis TIK agar lebih konstektual sangatlah wajar bila diperlukan laboratorium TIK/komputer yang memadai beserta tercukupinya peralatan TIK yang berkualitas.

B.      Tujuan

Tujuan Pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Pengadaan alat-peralatan TIK sebagai penunjang proses belajar mengajar mata pelajaran berbasis TIK di SMP Negeri 1 Kesesi bertujuan agar peserta didik memilik kemampuan sebagi berikut :

  1. Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-NYA.
  2.  Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam perkembangan teknologi beserta dampak-dampak yang ditimbulkan untuk diambil manfaatnya dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara teknologi, lingkungan, dan masyarakat.
  4. Melakukan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berfikir, bersikap dan bertindak ilmiah serta berkomunikasi dalam memanfaatkan peralatan berbasis TIK.
  5. Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga moral anak didik sebagai akibat dari perkembangan teknologi yang semakin maju.
  6. Meningkatkan pengetahuan, konsep dan keterampilan berbasis TIK sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

C. Hasil yang Diharapkan

Secara umum dengan lebih meningkatnya sarana prasarana penunjang proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Kesesi diharapkan mampu meningkatkan 8 unsur Standar Nasional Pendidikan secara menyeluruh,

Dengan lengkapnya peralatan TIK di SMP Negeri 1 Kesesi, diharapkan Proses belajar mengajar mata pelajaran berbasis TIK lebih meningkat dan tepat guna yang ditandai dengan :

  1. Meningkatnya keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-NYA.
  2. Meningkatnya pemahaman tentang berbagai macam perkembangan teknologi beserta dampak-dampak yang ditimbulkan untuk diambil manfaatnya dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Meningkatnya rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara teknologi, lingkungan, dan masyarakat.
  4. Terwujudnya inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemapuan berfikir, bersikap dan bertindak ilmiah seta berkomunikasi dalam memanfaatkan dan mendayagunakan peralatan berbasis TIK.
  5. Meningkatnya kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara dan menjaga moral anak didik sebagai akibat dari perkembangan teknologi.
  6. Meningkatnya pengetahuan, konsep dan keterampilan berbasis TIK sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

D. Sumber Dana

Sumber dana yan dibutuhkan untuk pembelian alat-peralatan TIK adalah Dana Subsidi Peralatan TIK dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama – Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah – Departemen Pendidikan Nasional, sebesar Rp. 60.000,00 ( Enam puluh juta rupiah). Dana perawatan dan pengembangan peralatan Laboratorium TIK dibiayai dari dana komite, BOS dan APBD.

BAB II

PROFIL SEKOLAH DAN KEBUTUHAN SARANA DAN PRASARANA

A. Profil Sekolah

SMP Negeri 1 Kesesi berdiri tahun 1970, berada di ibu kota kecamatan Kesesi yang terletak ± 5 km dari ibukota Kabupaten Pekalongan di Kajen kearah Barat. Letak sekolah yang strategis dan nyaman sangat mendukung proses kegiatan belajar mengajar.

Kondisi ekonomi nasional yang akhir-akhir ini cenderung tidak stabil, ditandai dengan melonjaknya harga-harga kebutuhan pokok, sangat berpengaruh sekali terhadap dunia pendidikan diIndonesia, khususnya di SMP Negeri 1 Kesesi yang mayoritas mata pencaharian orang tua/wali muridnya adalah petani dan pedagang.

Namun demikian, kondisi tersebut tidak menjadi penghalang bagi orang tua/wali murid untuk menyekolahkan anaknya, sebagai wujud kesadarannya pada program pemerintah dalam menyukseskan wajib belajar 9 tahun, sehingga setiap tahun animo lulusan SD/MI untuk masuk di SMP Negeri 1 Kesesi selalu melebihi daya tampung.

Tahun

Ajaran

Jml Pendaftar

(Calon

Siswa

Baru)

Kelas VII

Kelas VIII

Kelas IX

Jumlah (Kls. VII + VIII + IX)

Jml Siswa

Jumlah Rombel

Jml

Siswa

Jumlah

Rombel

Jml

Siswa

Jumlah

Rombel

Siswa

Rombel

Laki

Wanita

Th. 2006/07

319 org

262 org

6  rbl

224 org

5  rbl

222 org

6  rbl

708 org

17  rbl

374 org 334 org

Th. 2007/08

315 org

282 org

6  rbl

256 org

6  rbl

215 org

6  rbl

753 org

18  rbl

347 org 406 org

Th. 2008/09

337 org

236 org

6  rbl

279 org

6  rbl

252 org

6  rbl

767 org

18  rbl

378 org 389 org

Wilayah kecamatan Kesesi, kabupaten Pekalongan merupakan wilayah satelit atau penyangga  ibukota Kabupaten Pekalongan di Kajen. Di wilayah ini terdapat 5 sekolah tingkat pertama, tiga di antaranya berstatus negeri. Keadaan yang demikian berimplikasi terjadinya kompetisi antar sekolah dalam mencetak lulusan yang berkualitas. Selama ini kompetisi yang terjadi adalah kompetisi yang sehat, karena cirri masyarakat di wilayah ini adalah menjunjung kebersamaan.

Mengingat kompetisi dalam dunia pendidikan yang demikian ketat, khususnya kompetisi di tingkat sekolah menengah pertama, maka SMP Negeri 1 Kesesi akan berupaya semaksimal mungkin agar memiliki prestasi yang semakin meningkat pada tahun pelajaran 2010/2011, baik di bidang akademik maupun non akademik. Adapun prestasi akademik dan non akademik pada tahun pelajaran 2010/2011 adalah :

Perolehan kejuaran/Prestasi Akademik

No.

Nama Lomba

2008/2009

Juara Ke :

Tingkat

Kab/Kota

Pro-pinsi

Nasional

1

Resensi Buku

2

2

Baca Puisi

1

3

Vokal Group

3

4

5

Perolehan Kejuaran/Prestasi Non akademik

No.

Nama Lomba

Tahun 2007/2008

2008/2009

Juara Ke :

Tingkat

Juara Ke :

Tingkat

Kab/Kota

Pro-pinsi

Nasio-nal

Kab/Kota

Pro-pinsi

Nasio nal

1

Basket Putri

2

3

2

Volley Ball Putra

3

3

3

Volley Ball Putri

2

3

4

Lompat Tinggi

3

1

5

Lompat Jauh Putra

1

2

6

Lompat Jauh Putri

1

3

Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang tua Siswa
1). Pekerjaan orang tua/wali Siswa

No.

Pekerjaan

Prosentase

1

PNS

10,50%

2

TNI/POLRI

1,31%

3

Petani

39,51%

4

Swasta

15,83%

5

Nelayan

6

Politisi (misalnya anggota DPR)

7

Perangkat Desa

6,33%

8

Pedagang

26,38%

9

2). Penghasilan orang tua/wali (gabungan kedua orang tua) siswa

No.

Penghasilan

Prosentase

1

Kurang dari Rp. 500.000,-

6,33%

2

Antara Rp. 500.000,- s.d. Rp.1.000.000,-

39,57%

3

Antara Rp. 1.000.000,- s.d. Rp.1.500.000,-

27,38%

4

Antara Rp.1.500.000,- s.d. Rp.2.000.000,-

11,81%

5

Lebih dari Rp. 2.000.000,-

1,50%

3) Tingkat kesejahteraan orang tua/wali siswa

No.

Tingkat Kesejahteraan

Prosentase

1

Pra sejahtera

52,78%

2

Sejahtera I

26,38%

3

Sejahtera II

13,19%

4

Purna Sejahtera

7,65%

Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
a. Kepala  Sekolah

No

Nama

Jenis Kelamin

Usia

Pend. Akhir

L

P

1

Kepala Sekolah

 1

46

S1

2

Wakil Kepala Sekolah

1

46

S1

b.

Guru

No

Tingkat Pendidikan

Jumlah dan Status Guru

Jumlah

GT/PNS

GTT/Guru Bantu

L

P

L

P

1

S3/S2

2

S1

13

4

14

31

3

D-4

4

D3/Sarmud

2

1

3

5

D2

1

1

6

D1

7

≤ SMA/sederajat

Jumlah

16

5

14

35

Tenaga Kependidikan : Tenaga Pendukung

No.

Tenaga Pendukung

Jumlah tenaga pendukung dan kualifikasi pendidikannya

Jumlah

≤ SMP

SMA

D1

D2

D3

S1

PNS

Honorer

L

P

L

P

1

Tata Usaha

2

4

2

3

2

3

8

2

Perpustakaan

1

1

1

3

Laboran Lab. TIK

1

1

1

4

Teknisi lab. Komputer

5

Laboran lab. Bahasa

6

PTD (Pend. Tek. Dasar)

7

Kantin

8

Penjaga Sekolah

1

1

1

9

Tukang Kebun

1

1

2

2

10

Keamanan

11

Lainnya :

Jumlah

4

6

1

2

3

2

5

3

13

Data Ruang Belajar (kelas)

Kondisi

Jumlah dan ukuran

Jml. Ruang lainnya yg digunakan untuk r.kelas                    (e)

Jumlah ruang yg digunakan u. R. Kelas (f)=(d+e)

ukuran 7×9 m² (a)

Ukuran     > 63 m² (b)

ukuran     <  63 m² ©

Jumlah (d) =(a+b+c)

Baik

12

12

18

Rsk ringan

2

2

Rsk sedang
Rsk berat

4

4

Rsk total
Keterangan kondisi :
Baik Kerusakan < 15%
Rsk ringan 15% – < 30%
Rsk sedang 30% – < 45 %
Rsk berat 45 % – 65 %
Rsk total > 65%
Data Ruang Belajar Lainnya

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi *)

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi

1. Perpustakaan

1

15 x 9

Baik

6. Lab. Bahasa
2. Lab. TIK

1

9 x 9

Baik

7. Lab. Komputer
3. Keterampilan

1

15 x 9

Baik

8. PTD
4. Multimedia

 1

12 x 8

9. Serbaguna
5. Lab. IPA

2

9 x 9

Dan

15 x 8

Baik

10. Panggung Pentas

1

4,5 x 5 Baik
Data Ruang Kantor

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi *)

1. Kepala Sekolah

1

3,5 x 3

Baik

2. Wakil Kepala Sekolah
3. Guru

1

7 x 5,5

Baik

4. Tata Usaha

1

3 x 9

Baik

5. Tamu

1

19,5 m²

Baik

Lainnya : R. OSIS

 1

3 x7 m²

baik

Data Ruang Penunjang

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (px)

Kondisi *)

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (px)

Kondisi

1. Gudang

1

19 m²

Baik

10. Ibadah

1

7 x 7

Baik

2. Dapur 11. Ganti
3. Reproduksi 12. Koperasi

1

27 m²

Baik

4. KM/WC guru

2

13,5 m²

Baik

13. Hall/lobi

1

33 m²

Baik

5. KM/WC siswa

3

34 m²

Baik

14. Kantin
6. BK

1

9 x 4

Baik

15. Rumah Pompa/ Menara air

1

2,25 m²

Baik

7. UKS

1

9 m²

Baik

16. Bangsal kendaraan/Parkir

1

130 m²

Baik

8. PMR/Pramuka 17. Rumah Penjaga
9. OSIS

1

21  m²

18. Pos Jaga
Fasilitas Penunjang Perpustakaan

No.

Jenis

Jumlah / ukuran / Spesifikasi

1

Komputer

1 bh Pentium 4

2

Ruang baca

9 x 9

3

TV

1 bh 29 “

4

LCD

1

5

VCD / DVD Player

1

6

7

Alat/Bahan di Laboratorium/Ruang Keterampilan/Ruang Multimedia

No

Alat Bahan

Jumlah, kualitas, dan kondisi alat/bahan

Jumlah

Kualitas

Kondisi

Kurang dari 25 % dr keb.

25% – 50% dr keb.

50% – 75% dr keb.

75% – 100% dr keb.

kurang

cukup

baik

sangat baik

Rusak berat

rusak ringan

Baik

1

Lab. TIK

2

Lab. Bahasa

3

Komputer

4

Keterampilan

5

PTD

6

Kesenian

7

Multimedia

No.

Tahun Pelajaran

Rata-rata NUAN

Bhs.Indonesia

Matematika

Bhs Inggris

IPA

Jumlah

Rata-rata

1

2005/2006

8,29

7,94

6,72

22,95

7,65

2

2006/2007

7,80

7,56

6,33

21,69

7,23

3

2007/2008

7,01

7,18

5,75

7,37

27,31

6,83

4

2008/2009

7,36

8,21

5,51

7,47

28,55

7,14

b. Prestasi Akademik Nilai Ujian Sekolah (US)

No.

Mata Pelajaran

Rata-rata NilaiUS

Th. 2005/2006

Th. 2006/2007

Th. 2007/2008

1

Pendidikan Agama

7,21

7,51

8,51

2

PPKn

7,77

9,21

8,50

3

IPA

7,00

7,37

4

IPS

7,49

8,36

8,07

5

Kesenian

7,31

7,22

7,43

6

Penjaskes

6,82

6,74

6,96

7

Bhs. Jawa

7,30

7,88

7,67

8

Tata Boga

6,52

7,97

9

Tata Busana

7,25

8,11

10

TIK

7,43

c. Angka Kelulusan dan Melanjutkan

No.

Tahun Pelajaran

Jumlah Kelulusan dan Kelanjutan Studi

Jumlah Peserta Ujian

Jumlah Lulus

% Kelulusan

% Lulusan yang Melanjutkan Pendidikan

% Lulusan yang TIDAK Melanjutkan Pendidikan

1

2004/2005

228

218

95,61%

75%

25%

2

2005/2006

179

176

98,32%

84%

16%

3

2006/2007

222

218

98,20%

86%

14%

4

2007/2008

215

214

99,55 %

81 %

19 %

5

2008/2009

251

250

99,60 %

89 %

11 %

INVENTARIS  KOMPUTER DI RUANG KETERAMPILAN

No

Jenis

Jml

Kondisi

Kualitas/Fungsi

Keterangan

Baik

Buruk

Layak

Tidak Layak

Prasarana

1

Ruang praktek

1

2

Ruang persiapan

3

Ruang penyimpanan

4

Ruang gudang

5

Meja laboratorium Komputer

20

18

2

18

6

Kursi laboratorium Komputer

20

16

4

20

7

Saluran dan instalasi listrik

1

1

1

8

Sirkulasi udara

2

2

2

9

Sistem pencahayaan

4

4

4

10

Komputer saling terhubungkan

1

1

1

dengan jaringa

11

Jaringan Internet

1

1

1

12

Ketersediaan Daya Listrik

1

1

1

Alat Praktikum Komputer

1

Komputer

a

Intel Pentium 1

2

1

1

2

b

Intel Pentium 2

8

6

2

6

2

c

Intel Pentium 3

6

4

2

4

2

d

Intel Pentium 4

2

1

1

1

1

f

Laptop

2

Printer

a

Dot matriks A4

b

Dot matriks A3

c

Inkjet A4

1

1

1

d

Inkjet A3

e

Color Ink jet

f

Laser jet A4

g

Laser jet A3

h

Color Laser jet

3

Scanner

4

Stabilizer

3

3

3

5

Perangkat Lunak

Keadaan

Keterangan

Asli

Tdk Asli

Perangkat Lunak yang 1. Nero

dimiliki sekolah 2. Linux

3. Driver Canon IP

4. Adobe Reader

5. Hp 3900

6. Adobe Photoshop

7. Ms. Office

8. Web Browser

9. Anti Virus

10. Winamp

No

Jenis

Jml

Kondisi

Kualitas/Fungsi

Keterangan

Baik

Buruk

Layak

Tidak Layak

6

Sumber Daya Manusia

6

6

6

Jumlah

a

Berapa guru yang menguasai komputer?

19

b

Berapa orang staf yang menguasai komputer?

3

c

Berapa orang guru dan staf yang pernah belajar komputer(kursus/Kuliah)

30

d

Berapa Tenaga Teknis/Laboran Komputer ?

1

Dengan berpegang pada Visi sekolah “Bertaqwa , berilmu dan berbudaya” SMP Negeri 1 Kesesi akan menuju dan meraih 8 Standar Nasional Pendidikan.

1.   Peningkatan Standar Kompetensi Kelulusan

  1. Sekolah mampu meningkatkan pencapaian perolehan Nilai Rata-rata Ujian Nasional minimal 7,01 menjadi 7, 10
  2. Sekolah mampu meningkatkan kegiatan-kegiatan keagamaan yang dapat menjadikan 85 % siswa memiliki budi pekerti yang mulia
  3. Sekolah mampu meningkatkan pelaksanaan ekstrakurikuler Bola Voley dengan meraih prestasi juara 1 tingkat Kabupaten
  4. Sekolah mampu meningkatkan pelaksanaan ekstrakurikuler Basket  dengan meraih prestasi juara 1 tingkat Kabupaten
  5. Sekolah mampu meningkatkan pelaksanaan pelatihan MTQ dengan meraih prestasi juara 1 tingkat Kabupaten
  6. Sekolah mampu meningkatkan pelaksanaan pelatihan menjahit sehingga minimal 50 % siswa memiliki keterampilan menjahit.
  7. Sekolah mampu meningkatkan pelaksanaan pelatihan komputer sehingga minimal 50 % siswa memiliki keterampilan komputer
  8. Sekolah mampu meningkatkan pengembangan sumber daya tenaga kependidikan.

2.   Peningkatan / Pengembangan Isi (Kurikulum)

  1. Guru memiliki pemahaman Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) secara komprehensif sebesar 70 %
  2. Guru mampu membuat program semester dan program tahunan sesuai KTSP, sebesar 80%
  3. Guru mampu mengembangkan silabus mata pelajaran masing-masing sesuai KTSP, sebesar 80 %
  4. Guru mampu membuat rencana pengembangan pembelajaran sesuai KTSP, sebesar 80 %
  5. Guru mampu menerapkan pembelajaran sesuai KTSP, sebesar 80 %
  6. Guru mampu membuat system penilaian dan menggunakannya sesuai KTSP, sebesar 80 %

3. Peningkatan Standar Proses

  1. Guru mampu melaksanakan pembelajaran CTL, sebesar 80%
  2. Guru mampu mengembangkan metode dan strategi pembelajaran dengan pendekatan CTL, sebesar 80%
  3. Guru mampu mengembangkan bahan dan sumber pembelajaran, sebesar 60%
  4. Guru mampu mengembangkan strategi penilaian , sebesar 60%

4. Peningkatan / Pengembangan Tenaga Kependidikan

  1. Guru mampu meningkatkan pengembangan profesionalitasnya, sebesar 60%
  2. Guru mampu meningkatkan kompetensinya, sebesar 60%
  3. Tenaga Tata Usaha  mampu meningkatkan potensinya, sebesar 60%
  4. Kepala Sekolah mampu melaksanakan monitoring dan evaluasi, sebesar 80%

5. Peningkatan dan Pengembangan Fasilitas Pendidikan

  1. Sekolah mampu menambah media pembelajaran semua mata pelajaran sebesar 80%
  2. Sekolah mampu melengkapi laboratorium TIK menjadi 70%
  3. Sekolah mampu melengkapi laboratorium Komputer menjadi 80%
  4. Sekolah mampu menambah koleksi buku-buku perpustakaan sebesar 80%
  5. Sekolah mampu melengkapi sarana ibadah 100%

6. Peningkatan Mutu Kelembagaan dan Manajemen

  1. Melengkapi admonistrasi sekolah menjadi 80%
  2. Melaksanakan pembinaaan dalam rangka implementasi MBS setiap semester sebanyak 2 kali
  3. Melaksnakan monitoring oleh kepala sekolah tentang kinerja dengan frekuensi 4 kali dalam setahun
  4. Melaksnakan supervise klinis oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru sebanyak 10 guru pada setiap semester.

7. Mengembagkan Standar Pembiayaan Pendidikan

  1. Sekolah bersama komite sekolah mampu memberikan pengertian dan menumbuhkan kesadaran orang tua siswa untuk tertib administrasi dengan frekuensi 2 kali dalam setahun
  2. Sekolah bersama komite sekolah mampu memberikan subsidi silang terhadap siswa yang kurang mampu sebesar 3%
  3. Sekolah menyampaikan pertanggungjawaban keuangan sekolah secara periodic kepada komite sekolah secara akuntabel ( 2 kali dalam setahun ).

8. Peningkatan Pelaksanaan Pengembangan Standar Penilaian

  1. Melengkapi administrasi penilaian untuk semua guru (100%)
  2. Melaksnakan penilaian secara komprehensif, meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara proporsional sesuai jenis mata pelajaran pada setiap kompetensi dasar untuk 70% dari semua guru.
  3. Melaksnakan pengukuran dan penilaian dengan memberikan tindak lanjut berupa perbaikan (remedial) dan pengayaan untuk 70% dari semua guru.
  4. Meningkatkan standar ketuntasan hasil belajar sebesar 0,25

B. Analisis Kebutuhan Sarana dan Prasarana

Memperhatikan kondisi inventaris sarana dan prasarana di sekolah kami, masih sangat membutuhkan adanya peralatan TIK yang memadai untuk peningkatan 8 Standar Nasional Pendidikan.

C. Potensi Sekolah dan Prioritas Pemenuhan Sarana dan Pasarana

Di tahun kedua  era sekolah standar nasional SMP Negeri 1 Kesesi akan memprioritaskan pada pengadaan dan peningkatan laboratorium TIK, dan komputer beserta peralatannya. Melihat prestasi akademik dan non akademik siswa serta kemampuan tenaga pendidik SMP Negeri 1 Kesesi optimis untuk mewujudkan sekolah yang bermutu.

BerdasarkanSKDirektur PSMP Nomor: …………………………………………….SMP Negeri 1 Kesesi menerima subsidi peralatan TIK sebesar Rp. 60.000.000,00. sehubungan dengan itu, pengadaaan peralatan TIK dibeli dengan subsidi ini.

BAB III

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELIAN PERALATAN LABORATORIUM TIK

A.   Panitia Pembelian Peralatan Laboratorium (P3L)

      1.   P3L

Dalam pelaksanaan pembelian peralatan TIK ini, Kepala SMP Negeri 1 Kesesi dan Ketua Komite telah membentuk Panitia Pembelian Peralatan Laboratorium (P3L). P3L SMP Negeri 1 Kesesi dipilih secara demokratis dan transparan dalam forum rapat sekolah yang dipimpin oleh Kepala Sekolah dan dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah, semua unsur, tenaga pendidik dan kependidikan, Komite Sekolah, perwakilan wali murid, dan tokoh masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap pembangunan dan pengembangan SMP Negeri 1 Kesesi.

P3L di SMP Negeri 1 Kesesi bertugas sebagai :

  1. Menyusun proposal pembelian peralatan laboratorium TIK sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan sekolah
  2. Mengajukan pencairan dana subsidi dan memanfaatkan sesuai dengan perencanaan.
  3. Mengadministrasikan dan mendokumentasikan segala kegiatan berkenaan dengan pembelian peralatan TIK, baik administrasi keuangan maupun teknis.
  4. Melaksnakan pembelian sesuai dengan perencanaan.
  5. Menginformasikan kegiatan pembelian yang dilakukan pada papan informasi di sekolah.

Susunan Panitia Pembelian Peralatan TIK di SMP Negeri 1 Kesesi adalah :

Jabatan

Unit Kerja / Unsur

Nama

Keterangan

Ketua Guru Disepakati dalam rapat
Sekretaris Guru
Bendahara/Anggota Guru
Anggota Komite
Anggota Staf Dinas Pendidikan

2.   Tim Pemilihan Peralatan

No.

Nama

Jabatan

1

Guru TIK

2

Guru IPA

3

Guru IPA

B.   Rencana Anggaran Pembelian Alat dan Spesifikasi Peralatan TIK

1.   Pemilihan Alat

a. Proses Pemilihan Alat

Pemilihan peralatan TIK dilakukan oleh Tim Pemilih Alat dengan terlebih dahulu menginventarisasi alat-alat yang sudah dimiliki dan masih layak untuk digunakan. Kekurangan alat yang sesuai kurikulum TIK di catat oleh Tim Pemilih Alat. Tim Pemilih Alat mencari informasi tentang alat-alat yang telah diprioritaskan.

b. Daftar, Spesifikasi dan Jumlah Alat yang Akan Dibeli

1. Komputer Merk Lokal ( 5 Unit )
Processor MultiCore Processor Minimal speed 2.2 GHz, 800 MHz FSB L2 cache 1 MB
Chipset Synchronized Intel Chipset with the system
Memory 1 GB DDR-2 SDRAM PC-5300, up to 4 GB
Hard Drive Type 1600 GB SATA-II,7200 RPM,Cache 8 MB
Optical Drive Type DVD/CDRW Combo Drive
Networking Ethernet 10/100 Mbps dan PCI wireless LAN turbo-G technology
VGA Integrated Graphic Media Accelerator, share up to 256 MB
Audio Integrated High Definition Audio
I/O ports 6 x USB 2,0, serial. Paralel, eSATA, WLAN,  Ethernet RJ-45
Peripheral Keyboard, optical Mouse, External Speaker
Monitor Minimal LCD 15″ ( satu merek dengan CPU )
Casing Micro ATX Form Factor
System Operasi Microsoft  Windows Vista Bisnis, bersertifikat asli
Software Aplikasi – Memiliki paket antar muka berbahasaIndonesia
– Mampu mengolah e-mail dan penjadwal
– Paket lengkap dengan pemroses kata-kata (word processing), pengolah data (spreadsheet), presenter dan pengolahan E-mail
– Pengolah kata dengan kemampuan table pivot (hyperlink, table pivot dan makro)
– Pengolah kata dengan kemampuan makro dan animasi kata (word art)
– Presenter dengan dukungan suara, film dan animasi
– Teknologi yang familiar bagi pengguna pemula
– Bukti keabsahan (original) dalam bentuk sertifikat atau media CD yang dikeluarkan oleh prinsipal
2. Instalasi Jaringan
Tecnology Acces point + Router, support 802.11 b/g
Ports 4 ports LAN 10/100 Mpbs + 1 ports WAN, Auto MDI/MDI-X
Antenna Detachable Dipole Antenna
Wireless security WPA, WPA-PSK, WPA-2, WPA-2 PSK supports & WEP 64/128-bit
Wireless Features Wireless client isolation, Universal repeater &  WDS repeater to increase wireless coverage
Wireless operations Accespoint, Router, Gateway, Bridge, Accespoint Repeater & Accespoint client
Configuration Web-based management
Instalasi Termasuk aksesoris instalasi
Garansi 1 (satu) tahun, disertai Surat Pernyataan Garansi dari Distributor Resmi (bermeterai)
3. Printer Multi fungsi (1 unit)
a. Fungsi Print
Teknologi print Monochrome Multi Function Laser
Kecepatan Print 18 ppm
Resolusi Print 600 x 600 dpi
Input Capacity 250-sheet multi purpose tray
b. Fungsi Scan
Metode Scanning Color CIS
Resolusi Scan 4.800 x 4.800 dpi
Scanner Compatibilitas TWAIN & WIA
Depth Color 24-bit & gray mode-8 bit
c. Fungsi Copy
Kecepatan copy 18 ppm
Resolusi copy 600 x 600 dpi
Features Multiple copy(1-99 copies) & Reduction Enlargement Selection
Connection High speed USB 2.0
Garansi 1 (satu) tahun, disertai Surat Pernyataan Garansi dari Distributor Resmi (bermeterai)
4. UPS (Uninterruptible Power Supply) (5 unit)
Output power capacity 650 VA
Power factor 70 % or higher
Output waveform Simulated sine wave
Output power voltage 220 V
Onput power voltage 140 V – 250 VAC
Input power frequency 50 – 60 Hz
Back up time > 18 menit
Transfer time < 2 ms
Protection Overload & short-circuit protection, powerline Noise Protection
Smart AVR Technology Built-in Stabilizer (AVR)
Batteray type Maintenance free, sealed lead acid, 12 V, 8,2 AH or better
Garansi 1 (satu) tahun, disertai Surat Pernyataan Garansi dari Distributor Resmi (bermeterai)
Manual dan Buku Petunjuk Dalam bahasa Inggris dan bahasaIndonesia
5. Perangkat Penyimpan data (1 unit)
Kapasitas 320 GB HDD cache 16 MB
HDD supported IDE & SATA Harddrives
Processor 32-bit RISC processor
Memory 32 MB SDRAM
Interface Ethernet UTP, USB 2.0 port, WLAN 802.1 lb/g
Disk Management Tools Disk format, partition, scan disk
File management Tools File browser, Folder acces Permission (username & password protection)
Configuration Web-based management
Control Button Function Back-up, shutdown, Reset
Multimedia Supports Multimedia Audio/Video files (MPEG, MPEG2, MPEG4, etc)

c. Rencana Anggaran dan Biaya

Item

Qty

Harga Satuan

Jumlah

1. Komputer Merk Lokal 5 Unit 9,600,000 48,000,000
2. Instalasi Jaringan 1 Paket 2,000,000   2,000,000
3. Printer Multifungsi 1 Unit 3,000,000   3,000,000
4. UPS (Uninteruptible Power Supply) 5 Unit 970,000   4,850,000
5. Perangkat Penyimpan Data 1 Unit 2,150,000   2,150,000

Total

60,000,000

Keterangan : Harga sudah termasuk pajak (PPh dan PPN)

C. Jadwal Pelaksanaan Pembelian Peralatan TIK

 

No

Kegiatan

Tanggal

Hari

 

Nomor

 

1

SK Panitia

2

Undangan penyusunan RKS/OE/HPS

3

Rapat penyusunan RKS/usul OE/HPS

4

Persetujuan RKS dan OE/HPS

5

Pengumuman pelelangan

6

Pendaftaran lelang

7

Pengambilan dokumen lelang

8

Rapat penjelasan (BA)

9

Pembukaan penawaran

10

BA Pembukaan penawaran

11

Evaluasi penawaran

12

BA evaluasi penawaran

13

BA Hasil pelelangan

14

Laporan panitia

15

Suratpenetapan pengguna barang/jasa

16

Pengumuman pemenang lelang

17

Sanggahan

18

Suratpenunjukan penyedia barang/jasa (SPPBJ)

19

Kontrak

20

SPMK

21

BA Pemeriksaan

22

BA serah terima pekerjaan

BAB IV

RENCANA PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN PERALATAN TIK

 

 

A. Pentingnya Pemanfaatan dan Pengembangan Peralatan TIK

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang teknologi secara sistematis. Sehingga TIK bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan TIK diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami lam sekitar secara ilmiah. Pendidikan TIK diarahkan inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih tentang alam sekitar.

TIK diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan. Penerapan TIK perlu dilakukan secara bijaksana untuk menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan. Di tingkat SMP/MTs diharapkan ada penekanan pembelajaran salingtemas ( sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat) secara terpadu yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang atau membuat suatu karya melalui penerapan konsep TIK dan kompetensi bekerja ilmiah secara bijaksana.

Pembelajaran TIK sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berfikir, bekerja, dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran TIK di SMP Negeri 1 Kesesi akan lebih menekankan pada pemberian pengalaman belajar secar langsung melalui penggunaan dan pengembangan laboratorium TIK.

B. Rencana Pemanfaatan dan Pengembangan Jangka Panjang

Sampai pada tahun ini SMP Negeri 1 Kesesi baru memiliki 1 laboratorium TIK dengan peralatan yang minimal. Dengan adanya subsidi peralatan TIK dari Direktur PSMP, sekolah akan memaksimalkan pemanfaatannya. Berdasarkan pemilihan alat oleh Tim Pemilih, secara kuantitas masih belum mencukupi. Diharapkan 5 tahun ke depan SMP Negeri 1 Kesesi sudah memiliki 2 laboratorium TIK yang secara kuantitas mencukupi dan memenuhi standar kualitas.

C. Rencana Pemanfaatan dan Pengembangan Jangka Menengah

Dua tahun ke depan , SMP Negeri 1 Kesesi merencanakan pembuatan pembelajaran berbasis TIK dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Program pelatihan guru dalam memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran akan lebih ditingkatkan, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Untuk itu pemenuhan kebutuhan akan peralatan TIK mutlak sangat dibutuhkan untuk pengembangan SMP Negeri 1 Kesesi menuju  sekolah yang berstandar internasional.

D. Rencana Pemanfaatan dan Pengembangan Tahun 2009

Laboran dan guru mata pelajaran TIK sangat penting keberadaannya untuk memakasimalkan keberadaan laboratorium TIK dalam proses pembelajaran. Buku bukan merupakan satu-satunya sumber dan bahan ajar. Melalui MGMP sekolah guru mata pelajaran TIK memetakan inventarisasi alat-peralatan TIK dan memanfaatkanya sebagai sumber dan bahan ajar yang lebih konstektual.

E.  Dana dan Sumber Pemanfaatan Dana Pengembangan Laboratorium TIK

Dana merupakan unsur mutlak yang harus disiapkan untuk pengembangan laboratorium TIK. Sesuai RAPBS yang telah disusun sekolah bersama Komite Sekolah, dana untuk pengembangan Laboratorium TIK dialokasikan dari Komite Sekolah/wali murid, BOS dan APBD.

BAB V

PENUTUP

 

Subsidi peralatan TIK akan lebih meningkatkan kinerja guru karena dengan dibelinya peralatan TIK mampu mewarnai sumber dan bahan ajar. Suasana pembelajaran lebih kondusif, siswa akan lebih nyata dalam memahami suatu obyek. Dengan adanya subsidi peralatan TIK ini diharapkan mampu meningkatkan mutu SMP Negeri 1 Kesesi dan mewujudkan peningkatan delapan standar nasional pendidikan.

Semoga dengan adanya subsidi peralatan ini, tim Pemilih Alat mampu menginventarisasi dan memprioritaskan alat-alat sesuai kebutuhan pembelajaran TIK yang akan dibelikan oleh P3L.

Sesuai dengan tujuan pengembangan jangka panjang terhadap pengadaan peralatan TIK, maka diharapkan Pemerintah melalui Direktur PSMP masih memperhatikan sekolah kami demi meningkatnya mutu SMP Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s